Cara Mudah Menggunakan Fitur Elementor pada WordPress

3 minutes, 29 seconds Read

Pada era digital seperti sekarang ini, memiliki situs web menjadi hal yang hampir wajib dilakukan, terutama bagi individu atau bisnis yang ingin lebih dikenal oleh publik. Salah satu platform yang sangat populer untuk membuat situs web adalah WordPress. WordPress memungkinkan Anda untuk membuat situs web dengan mudah tanpa harus memiliki pengetahuan teknis yang dalam. Selain itu, ada banyak plugin yang dapat membantu Anda mengubah situs web WordPress Anda menjadi lebih menarik, salah satunya adalah Elementor.

Elementor adalah salah satu plugin yang paling populer dan serbaguna untuk WordPress. Dengan Elementor, Anda dapat membuat tata letak yang menarik dan profesional tanpa harus menulis kode HTML atau CSS. Berikut ini adalah panduan cara mudah menggunakan fitur Elementor pada WordPress. dikutip dari slot258

  1. Instal dan Aktifkan Elementor

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Elementor di situs WordPress Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke dasbor WordPress Anda.
  • Pergi ke menu “Plugin” di sebelah kiri dan klik “Tambah Baru”.
  • Ketik “Elementor” dalam kolom pencarian di sudut kanan atas.
  • Setelah Anda menemukan plugin Elementor, klik “Instal Sekarang” dan kemudian “Aktifkan”.
  • Setelah mengaktifkan Elementor, Anda siap untuk mulai menggunakannya.
  1. Membuat Halaman atau Pos Baru

Setelah menginstal dan mengaktifkan Elementor, langkah selanjutnya adalah membuat halaman atau pos baru di situs WordPress Anda. Anda dapat melakukan ini dengan langkah-langkah berikut:

  • Klik “Tambah Pos” atau “Tambah Halaman” dari dasbor WordPress Anda.
  • Beri judul pada halaman atau pos Anda.
  • Di bawah judul, Anda akan melihat tombol “Edit dengan Elementor.” Klik tombol ini untuk mulai mengedit halaman atau pos dengan Elementor.
  1. Menggunakan Editor Visual Elementor

Setelah Anda memulai pengeditan dengan Elementor, Anda akan dibawa ke editor visual yang sangat intuitif. Di sini, Anda dapat dengan mudah menambahkan dan mengedit elemen-elemen pada halaman atau pos Anda. Beberapa fitur kunci yang perlu Anda ketahui di editor Elementor adalah:

  • Panel Elemen: Panel ini berisi berbagai elemen yang dapat Anda tambahkan ke halaman Anda, seperti teks, gambar, tombol, ikon, video, dan banyak lagi. Anda cukup mengambil elemen yang Anda inginkan dan seret ke halaman Anda.
  • Penyuntingan Langsung: Anda dapat mengklik dan mengedit teks langsung di halaman. Ini memudahkan Anda untuk menyesuaikan teks sesuai keinginan Anda.
  • Tata Letak Section: Anda dapat menambahkan section baru ke halaman Anda dengan mengklik tombol “Tambah Section.” Ini memungkinkan Anda untuk mengatur tata letak halaman Anda dengan lebih baik.
  • Penyesuaian Stil: Elementor memungkinkan Anda untuk menyesuaikan gaya elemen-elemen Anda, seperti warna teks, latar belakang, ukuran, dan jenis huruf.
  • Fitur Lanjutan: Elementor juga memiliki fitur-fitur lanjutan seperti widget, efek hover, dan integrasi dengan widget dari plugin lain. Anda dapat menjelajahi fitur-fitur ini untuk membuat halaman Anda lebih menarik.
  1. Menyimpan dan Menerbitkan

Setelah Anda selesai mengedit halaman atau pos Anda dengan Elementor, pastikan untuk menyimpan perubahan Anda dengan mengklik tombol “Simpan” di sudut kanan atas editor. Jika Anda ingin melihat pratinjau halaman Anda sebelum mempublikasikannya, Anda dapat mengklik tombol “Pratinjau” di sebelah “Simpan.”

Jika Anda puas dengan tampilan halaman atau pos Anda, Anda dapat mengklik tombol “Terbitkan” untuk membuatnya tersedia untuk publik. Elementor juga memberi Anda opsi untuk menjadwalkan publikasi atau menyimpan sebagai draf jika Anda ingin mempublikasikannya nanti.

  1. Menggunakan Template Elementor

Salah satu fitur hebat dari Elementor adalah koleksi template yang sangat lengkap. Anda dapat menggunakan template ini sebagai dasar untuk halaman Anda dan mengeditnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menggunakan template Elementor, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada editor Elementor, klik tombol “Tambah Section” untuk menambahkan section baru.
  • Setelah itu, klik tombol “Tambah Template” di sudut kanan atas panel elemen.
  • Anda akan melihat berbagai pilihan template yang dapat Anda pilih berdasarkan jenis halaman yang ingin Anda buat, seperti halaman beranda, halaman kontak, atau halaman portofolio.
  • Pilih template yang sesuai dengan proyek Anda, dan itu akan diimpor ke halaman Anda.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengedit template sesuai keinginan Anda.

Penutup

Dengan menggunakan Elementor, Anda dapat dengan mudah membuat tampilan situs web yang menarik dan profesional tanpa harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam. Plugin ini sangat berguna bagi pemula maupun pengguna WordPress berpengalaman yang ingin meningkatkan tampilan situs web mereka. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mulai menggunakan fitur Elementor dengan mudah dan membuat situs web WordPress Anda lebih menarik dan fungsional. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya dan berkreasi dengan desain halaman web Anda sendiri menggunakan Elementor.***

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

toto23 login situs ying77 slot gacor https://ladang.smkn1cianjur.sch.id/ https://slot88.smkn1cianjur.sch.id/ https://idn.smkn1cianjur.sch.id/ slot777